Senin, 13 Mei 2013

Proposal Pembangunan Pengembangan Teras

PROPOSAL PEMBANGUNAN PEKERJAAN
PENGEMBANGAN PERLUASAN TERAS KANAN KIRI
MUSHOLLA AL-FUDHOLA
BLOK F  RW.016/III PERUMAHAN GRAHA PRIMA
DESA MANGUNJAYA, TAMBUN SELATAN, BEKASI

Musholla Al-Fudhola Graha Prima

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

I.          PENDAHULUAN

Pembangunan dibidang mental spiritual dan fisik adalah salah satu upaya untuk meningkatkan umat agar berakhlak baik, bertaqwa, dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT. Melalui kepercayaan (agama) yang dianut sesuai pedoman dan tuntunannya, untuk menjadikan umat senantiasa agar saling damai, selalu mensyukuri nikmat yang telah diberikan, baik berupa kesehatan fisik jasmani, rohani, serta rezeki, termasuk salah satu diantaranya mendapat kepercayaan (amanah), sebagai Pengurus/Panitia tempat sarana ibadah sesuai bidangnya masing-masing, dengan mengemban tugas serta kewajiban baik yang (telah/sedang/akan) dilaksanakan, juga sebagai pengembangan jati diri mewujudkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, jembatan dalam aktifitas berperikehidupan sehari-hari yang lebih baik lagi, selanjutnya diteruskan kepada generasi berikutnya, dengan senantiasa tetap selalu mengharap petunjuk serta ridho’-Nya.  Aamiin.
Uraian singkat tersebut di atas, gambaran realita aktifitas Pengurus Musholla Al-Fudhola yang berlokasi di Blok Perumahan Graha Prima, Desa Mangun Jaya, Kec. Tambun Selatan, Kab. Bekasi.
Dengan jumlah penduduk yang berdomisili lebih 320 Kepala Keluarga (KK) dengan 95% adalah pemeluk agama Islam, adapun kapasitas sarana Musholla yang berukuran 11 x 9 m untuk menampung aktifitas kegiatan beribadah sehari-hari oleh jama’ah masih jauh dari mencukupi, terutama dalam setiap akan dilaksanakan penyelenggaraan shalat Tarawih bulan Ramadhan dan kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dengan agenda sesuai momentum.
Sebagai informasi bahwa, Musholla Al-Fudhola (fadhilah-keutamaan) dibangun pada bulan Maret tahun 2000 atas biaya swadaya masyarakat warga muslim setempat dan para donatur, dermawan sekitarnya, dengan telah menghabiskan biaya sebesar Rp. 199.285.000,-  ( seratus sembilan puluh Sembilan juta dua ratus delapan puluh lima ribu rupiah ) melebihi dari target perencanaan sebelumnya, hal ini akibat dampak krisis moneter dan melonjaknya harga bahan baku material serta bahan kebutuhan lainnya, namun dengan semangat dan dukungan semua pihak, Musholla Al-Fudhola telah dapat diwujudkan dan dipergunakan sebagaimana fungsinya, walaupun belum sempurna.

II.        DASAR
  • 1.   Peletakan batu pertama pembangunan Musholla bulan Juli 1999 di atas lahan fasos/fasum
  • 2.   Surat persetujuan PT.Cipta Laksa GP No. 057/CLGP/TB/V/00 tanggal 5 Mei 2000
  • 3.   Surat Rekomendasi Kepala Desa Mangun Jaya  No.140/138/VI/2007
  • 4.   Surat Rekomendasi Camat Tambun Selatan  No. 451.2/409/Ekmasy
  • 5.  Surat Rekomendasi Kepala KUA Tambun Selatan No. kk.10.16/BA.00/819/VI/2007
  • 6.  Surat Rekomendasi Kepala Kandepag Kab.Bekasi No. Kd.10.16/BA.03/2492/2007
  • 7. Pertemuan Pengurus dan Jama’ah tentang rencana program pembangunan pengembangan teras sarana dan prasarana.
III.       RENCANA ANGGARAN BIAYA

Untuk menindak lanjuti program pembangunan pekerjaan pengembangan teras kanan/kiri perluasan sarana Musholla, dibutuhkan anggaran sebesar Rp. 395.630.900,- terbilang ( tiga ratus sembilan puluh lima juta enam ratus tiga puluh ribu sembilan ratus rupiah ) perincian biaya terlampir.

IV.       SUMBER DANA
  • 1.      Saldo Kas Infaq Jariyah Musholla dari jama’ah setiap pengajian Ta’lim maupun Acara PHBI
  • 2.            Infaq Jariyah keliling dari masyarakat Muslimin Muslimat setempat dan sekitarnya
  • 3.            Donatur/dermawan rutin bulanan melalui Petugas Pengumpulan Dana.
  • 4.            Mengupayakan pencarian Dana ke Instansi Kantor Negeri, Swasta, Personal melalui proposal  resmi.
V.        PELAKSANA PEMBANGUNAN

Dilaksanakan oleh tukang khusus dibantu kenek dan warga/jama'ah setempat (kerja bakti hari libur) insya Allah direncanakan mulai awal September 2013.

VI.       PENUTUP

Demikian permohonan disampaikan, dengan harapan melalui bantuan yang diberikan oleh Bapak/Ibu/Saudara para Donatur kaum Muslimin Muslimat akan menjadikan ringannya serta kelancaran program pembangunan Musholla Al-Fudhola hingga tahap penyelesaian, semoga Allah SWT menerima segala amal ibadahnya dan dilipat gandakan pahalanya, serta dijadikan sebagai tabungan amal shaleh. Aamiin Ya Robbal Aalamiin.

Jazakumullahu Khairan Katsiran
Hadhanalloh Waiyyakum Ajzma’in
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.                                                           
                                                                                                     Bekasi,    April  2013

         KETUA RW.016/III GP                PENASEHAT                            KETUA

                                  ttd                                                           ttd                                                    ttd
                 RABANAI                UST. H. ABDULLAH, SE.        KASAN MUNAWAR
         Mengetahui/Menyetujui :
      CAMAT KECAMATAN                     KEPALA KUA                       KEPALA DESA
        TAMBUN SELATAN             KEC. TAMBUNSELATAN              MANGUNJAYA


   DRS. H. TUFTANA, MM.               DRS. HAMDANI         ABU HASAN ASY’ARI, SE.
Catatan: Surat ASLI Tanda Tangan & Tera ada di Pengurus/Panitia
Informasi :
Telp.   0817804963, 081398489892, 08121015194
Donatur : Bank Jabar Cabang Cibitung 
No. Rek. 0008814279100 an. Kasan Munawar Panitia Pembangunan
kami tim pelaksana dalam upaya pencarian dana atau pengumpulan "infaq jariyah" ke para donatur, dermawan karena ridho Allah SWT bekerja ikhlas, selalu berdo'a serta membawa proposal resmi yang telah disepakati dan perolehannya akan di informasikan.
KERJA KERAS, CERDAS, IKHLAS, dan TUNTAS.
link kami: 

REKAPITULASI KEBUTUHAN ANGGARAN BIAYA
PEMBANGUNAN PENGEMBANGAN TERAS KANAN-KIRI
MUSHOLLA AL-FUDHOLA
BLOK F PERUMAHAN GRAHA PRIMA TAMBUN BEKASI

NO
JENIS PEKERJAAN
ANGGARAN
1
PEKERJAAN PENDAHULUAN PENGUKURAN
2.500.000,-
2
PEKERJAAN MATERIAL DAN PLANT
90.249.750,-
3
PEKERJAAN PASANGAN DAN COR DAK
112.357.650,-
4
PEKERJAAN PINTU DAN JENDELA
55.646.250,-
5
PEKERJAAN PLESTERAN
24.600.935,-
6
PEKERJAAN ATAP DAN SALURAN AIR
33.211.750,-
7
PEKERJAAN LANTAI/PLAFOND
13.050.270,-
8
PEKERJAAN RANGKA PLAFOND
19.357.500,-
9
PEKERJAAN INSTALASI LISTRIK
4.549.000,-
10
PEKERJAAN PENGECATAN
5.974.875,-
11
PEKERJAAN LAIN-LAIN DAN PRASARANA
23.750.000,-
12
JUMLAH
Rp. 395.630.900,-


Terbilang (Tiga ratus Sembilan puluh lima juta enam ratus tiga puluh ribu Sembilan ratus rupiah)

Allah SWT. berfirman dalam Al-Qur’an :

إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللهِ مَنْ آمَنَ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَأَقَامَ الصَّلاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلا الله َ فَعَسَى أُولَئِكَ أَنْ يَكُونُوا مِنَ الْمُهْتَدِينَ .

Artinya :
“Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan tidak takut kepada siapapun selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang mendapat petunjuk” (Q.S. At-Taubah : 18)

Allah SWT dalam Al-Qur’an berfirman :

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ الله ِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَ نْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ وَالله ُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَالله ُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ .

Artinya:
”Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui”. (Q.S. Al-Baqarah: 261).

Sabda Rasulullah Muhammad SAW
“Barang siapa yang telah membangunkan sebuah masjid/musholla, yang sengaja mencari keridhaan Allah, nanti Allah buatkan pula untuknya sebuah rumah di dalam syurga”. (HR. Bukhari dan Muslim).
" Barang siapa yang membangun Masjid/musholla karena Allah walau hanya sebesar kandang burung, maka Allah akan bangunkan sebuah rumah baginya di surga " (Al-Hadist)

MUSHOLLA AL-FUDHOLA
BLOK F RW.016/III GRAHA PRIMA


PANITIA PELAKSANA PEMBANGUNAN & PENGEMBANGAN
MUSHOLLA AL-FUDHOLA



Nomor     : 012 /IV/Al-Fudhola /2013                                                Bekasi, April 2013
Lampiran : -
Perihal     : Permohonan Bantuan Dana/Infaq
                  Pembangunan Pengembangan Teras


Kepada,
Yth.        Hamba Allah
               Kaum Muslimin Wal Muslimat

               di-

               TEMPAT

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

1. Salam Silaturahim kami haturkan, semoga Bapak/Ibu/Saudara beserta Keluarga senantiasa ada dalam lindungan Allah SWT serta aktifitasnya selalu diberikan kelancaran, memperoleh ridho dan hidayah-Nya. Amiin.

2. Disampaikan dengan hormat 1 (satu) berkas proposal permohonan bantuan Dana/Infaq Jariyah untuk Pembangunan Pengembangan Teras Kanan Kiri Musholla, berdasarkan hasil musyawarah Pengurus dengan Jama’ah pada tanggal 26 Desember 2012 tentang Pengembangan Teras Musholla, dari sumber biaya swadaya masyarakat kaum Muslimin Muslimat, dan para Donatur Dermawan, insya Allah akan dilaksanakan pada awal bulan September 2013, penggunaan biaya awal Kas Musholla hasil pengumpulan yang diperoleh.

3. Sehubungan hal tersebut titik 2 (dua) di atas, kami atas nama Pengurus mengajukan permohonan kehadapan Bapak/Ibu/Saudara para Donatur Dermawan bantuan Dana/Infaq guna meringankan serta lancarnya Pembangunan Pengembangan Teras Musholla yang membutuhkan biaya sebesar Rp. 395,630.900,- perincian terlampir.

4. Demikian proposal kami sampaikan, teriring do’a semoga Allah SWT akan menerima segala kebaikan dan ibadahnya dengan balasan pahala yang berlipat ganda serta termasuk yaitu "Orang-orang yang akan dibangunkan sebuah istana di surga-Nya Allah, karena telah membangun rumah Allah di muka bumi ini". Aamiin Ya Robbal Aalamiin.

Jazakumullahu Khairan Katsiran
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

PENANGGUNG JAWAB PELAKSANA
KETUA MUSHOLLA AL-FUDHOLA


ttd

KASAN MUNAWAR

Tembusan :
1. Kakandepag Kab. Bekasi
2. Camat Tambun Selatan
3. Kepala Desa Mangun Jaya
4. Ketua RW.016/III Graha Prima
5. Arsip
KERJA KERAS, CERDAS, IKHLAS, dan TUNTAS.






















4 komentar: