Senin, 02 Januari 2017

Memperingati Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW

PENYELENGGARAAN PERINGATAN HARI BESAR ISLAM
MAULID NABI BESAR MUHAMMAD SAW 1438 H
MUSHOLLA AL-FUDHOLA BLOK F PERUMAHAN GRAHA PRIMA

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

       Alhamdulillah hirobbil ‘alamiin, segala Puji hanya bagi Allah SWT, yang senantiasa memberikan berjuta kenikmatan kepada semua hamba-Nya,
Sholawat dan salam semoga tetap terlimpahkan kepada jujungan kita Nabi Besar Muhammad SAW. beserta keluarga sahabat dan seluruh umatnya. Amiin.

I.    Sejarah Maulid Nabi Muhammad SAW
      Tujuan mengadakan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW. di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW.
     Perayaan Maulid Nabi diperkirakan pertama kali diperkenalkan oleh Abu Said al-Qakburi, seorang gubernur Arbil, di Irak pada masa pemerintahan Sultan Salahuddin Al-Ayyubi (1138-1193). Ada pula yang berpendapat bahwa idenya justru berasal dari Sultan Salahuddin sendiri. Tujuannya adalah untuk membangkitkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW. serta meningkatkan semangat juang kaum muslimin saat itu, Masyarakat muslim di Indonesia umumnya menyambut Maulid Nabi dengan mengadakan perayaan acara keagamaan seperti pembacaan shalawat nabi, pembacaan syair Barzanji dan pengajian.

Wujud cinta kita kepada Rasulullah dibuktikan dengan selalu mengikuti ajaran dan keteladanan Beliau.
Allah SWT berfirman (dalam terjemahan):
Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah”. (Al-Ahzab:21)
     Dari uraian sekelumit tulisan tersebut di atas, merupakan betapa besar dan pengaruhnya bagi umat Islam untuk senantiasa bersholawat kepada Baginda Nabi Muhammad SAW dalam upaya membangkitkan umatnya atas ajaran dan keteladanan Rasullulah SAW. Beliau sosok yang merupakan sebagai pencerahan kebenaran hakiki agar menjadi manusia (insan) yang berakhlak, beriman, dan bertaqwa kepada Allah SWT. melalui tuntunan dan pedomannya. (Al-Qur’an dan hadits).
  Selanjutnya sesuai hasil pertemuan Pengurus dengan Jama’ah Al-Fudhola dalam program momentum peringatan hari besar Islam (PHBI) akan menyelenggarakan acara Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1438 H dengan penceramah Mubaligh K.H. Aang Kunaefi Sofri, S.Pdi. dan Qori Ust. H. Nasrulloh, S.Pdi. dari Bekasi yang dijadwalkan pada hari Minggu (pagi), 15 Januari 2017.

II.    Dasar


1.    Rapat Pengurus tanggal 19 Nopember 2016 tentang rencana penyelenggaraan kegiatan Hari Besar Islam (PHBI)  peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1438 H.
2.      Pembentukan Panitia Pelaksana PHBI untuk kelancaran sesuai tugas bidang masing-masing.
3.      Program Kerja Ketua DKM Musholla Al-Fudhola tahun 2016-2017.

III.     Maksud dan Tujuan

1.   Melaksanakan program Pengurus Musholla Al-Fudhola bekerjasama dengan Majlis Ta’lim Al-Mu’minat melalui kepanitiaan serta melibatkan Remaja Islam Musholla.
2.      Menyelenggarakan kegiatan ceramah agama dengan isi kajiannya, oleh Mubaligh sesuai tema.
3.     Memberikan informasi wawasan tentang keagamaan pada acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai bekal meningkatkan Iman & Taqwa kepada Allah SWT, meraih kemaslahatan umat.
4.  Menjalin silaturahmi, memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam bermasyarakat, di lingkungannya.

IV.        Penutup

         Demikian informasi disampaikan, dengan harapan kehadiran Bapak/Ibu para jama’ah Muslimin Muslimat akan merupakan gaung syiar Islam melalui acara penyelenggaraan Peringatan Hari Besar Islam Maulid Nabi Muhammad SAW di Musholla Al-Fudhola.
Amiin Yaa Robbal Alamiin.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
                                                                                      Graha Prima,     Desember 2016

                                                                                        Panpel PHBI al-fudhola GP






Tidak ada komentar:

Posting Komentar